#Garden

Kendala Budidaya Jamur Tiram Di Semarang

kerjasama

Budidaya jamur tiram di Semarang – Menekuni usaha budidaya jamur tiram memanglah sangat menguntungkan. Melihat proses budidayanya yang mudah yang dapat dilakukan oleh siapapun serta semakin tingginya permintaan pasar akan jamur tiram ini. Hal ini mengakibatkan siapapun ingin mencoba untuk membudidayakan jenis jamur ini diberbagai daerah ataupun kota, seperti halnya budidaya jamur tiram di Semarang. Namun dalam proses budidaya jamur tiram yang terbilang mudah ini bukan berarti tanpa kendala. Tetap saja ada kendala apalagi bagi pemula, pada awalnya kebanyakan dari mereka selalu mengalami kegagalan. Biasanya untuk kendala yang paling utama dalam budidaya jamur yaitu masalah lingkungan terutama suhunya, mengingat jamur tiram ini habitat aslinya yaitu di daerah sejuk pegunungan. Karena jamur akan dapat tumbuh dengan optimal bila hidup dilingkungan yang optimal dengan suhu diantara 20 sampai 28 derajat Celciuss dengan tingkat kelembapan sekitar 70% sampai 80%.

Semarang merupakan kota yang panas, namun bukan berarti tidak bisa melakukan kegiatan budidaya jamur tiram di Semarang. Hal seperti ini tentu saja dapat diatasi dengan berbagai macam hal. Karena sudah banyak sentra jamur tiram di Semarang, hal ini membuktikan bahwa budidaya jamur tiram di Semarang juga dapat dilakukan. Kita harus pandai dalam menyiasati faktor lingkungan dalam proses budidaya jamur tiram di daerah yang panas seperti kota Semarang ini. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar proses budidaya jamur tiram ini berlangsung secara baik walau di daerah yang panas. Seperti membuat sistem sirkulasi udara pada baglog yang digunakan sebagai media tumbuh dari jamur tiram tersebut. Hal ini bertujuan agar kelembapannya terjaga dan jamur dapat tumbuh dengan optimal. Yang paling penting yaitu intensitas penyiraman dilakukan secara rutin minimal 3 kali siram. Tingkatan rak tidak boleh terlalu banyak maksimal 3 tingkat saja.

Nah dengan demikian, permasalahan ataupun kendala budidaya jamur tiram di Semarang yang panas dapat teratasi dengan baik. Meskipun cuacanya tidak sama dengan habitat asli dari jamur tiram namun tetap dapat diatasi. Sehingga bagi anda khususnya masyarakat kota Semarang tetap bisa membuka usaha budidaya jamur tiram guna melengkapi kebutuhan orang-orang akan jamur tiram sebagai bahan pangan. Selain itu budidaya jamur tiram juga mampu meningkatkan pendapatan warganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *