#Dining Room

Apa saja Obat Diabetes dan Efek Sampingnya?

kerjasama

Diabetes salah satu penyakit yang membahayakan jiwa pengidapnya. Banyak ragam obat yang tersedia. Mulai dari yang berbahan alami hingga berbahan kimia. Harganya pun mulai dari yang termurah hingga termahal. Bagaimana obat diabetes dan efek samping dari penggunaannya. Yuk simak informasi berikut. Jenis obat pertama yang biasanya digunakan untuk pengobatan diabetes yakni metmorfin. Metmorfin biasanya digunakan untuk penderita diabetes tipe 2. Fungsi dari obat ini sendiri yakni memicu sensitifitas jaringan dan sel yang berada di dalam tubuh agar lebih peka terhadap sinyal yang dikirim hormon insulin. Gunanya untuk menyerap glukosa dari tubuh agar lebih banyak. Dengan proses ini maka kadar gula darah dalam tubuh akan turun serta nilai plusnya akan meningkatkan kemampuan menyerap sel kepada glukosa. Fungsi lainnya akan menyerap kelebihan glukosa dalam hati. Dampak negatifnya obat diabetes jenis ini seringkali menimbulkan efek samping seperti gangguan pada hati, ginjal, mulut, kram otot, kadar gula rendah.

Jenis lain obat diabetes dan efek samping yang ditimbulkan yakni sulfonylureas. Obat satu ini termasuk paling populer juga. Memicu produksi insulin yang berhubungan langsung dengan pankreas adalah fungsi utamanya. Obat ini mampu menekan kadar gula darah namun pada kasus sensitifitas sel yang fungsinya menurun. Efek samping yang ditimbulkannya yakni menyebabkan hipoglikemia bila tidak dalam pemantauan. Kerusakan hati dan ginjal, konstipasi, otot, berat badan naik, keluhan lain dapat muncul sebagai akibatnya. Apalagi jika penggunaanya dalam jangka waktu yang panjang. Ada satu lagi jenis obat yang digunakan untuk obat diabetes paling ampuh, yakni meglitindes. Obat satu ini seperti halnya obat lain cara kerjanya dengan memproduksi insulin secara lebih intens. Fungsinya sebagai pemicu produksi. Obat ini dapat bekerja lebih cepat dan larut dalam air kencing. Jika meninjau dari efek samping yang ditimbulkannya, jenis obat satu ini dapat dikatakan lebih aman. Efeknya pun tak berlangsung lama.

Ada satu lagi jenis obat yang digunakan sebagai obat diabetes dan efek sampingnya. Thiazolidinediones yang bermanfaat membasmi diabetes tipe 2. Cara kerjanya dnegan memicu daya serap jaringan dan sel terhadap glukosa. Obat ini tergolong lamban kinerjanya. Ada efek samping yang fatal yang ditimbulkan pada beberapa pasien, yakni jantung, serta gangguan pada pembuluh darah. Jenis obat terakhir yang akan diulas dalam artikel ini yakni DPP 4 Inhibitor. Jenis yang satu ini membantu dalam fungsi hormon dan enzim di dalamnya. Ia mendorong fungsi pankreas dalam memproduksi glukosa. Penggunaan obat satu ini dapat meminimkan efek hipoglikemia. Namun ada efek samping yang ditimbulkan yakni infeksi dan peradangan pada pankreas, ataupun gangguan pada hati yang seringkali muncul disebabkan asupan diabetes dalam jangka waktu yang panjang. Itulah tadi beberapa jenis obat diabetes dan efek sampingnya. Semoga bermanfaat bagi anda yang akan mencari referensi terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *